Connect with us

Video

Video: KM Cantika Lestari 77 Hangus Dilahap Api

Published

on

KM-Cantika-Lestari-77

Indoseafarer.com – KM Cantika Lestari 77 hangus dilalap api setelah baru saja selesai perbaikan di galangan kapal di Aer Tembaga, Kota Bitung, Sulawesi Utara. Dalam insiden ini tidak ada korban jiwa, seluruh Awak Buah Kapal (ABK) berjumlah 18 orang selamat dengan cara terjun ke laut.

Peristiwa terbakarnya KM Cantika Lestari 77 terjadi kemarin, Selasa (14/03/2017) sekitar pukul 16.00 Wita. Penyebab kebakaran adalah diduga bersumber dari percikan api kapal lain yang sedang melakukan pengelasan. Seluruh isi kapal, mulai dari dek 1-3 ludes dilahap api.

KM Cantika Lestari 77 di Nahkodai oleh Bemmy Lemier (44), ia mengatakan, ketika itu mereka dalam persiapan untuk berlayar ke Ambon setelah selama 1 bulan dalam perbaikan di dock PT Hasjrat SPA Bitung.

Kapal milik Ko Siong itu, saat peristiwa terjadi sedang tenreng bersama KM Geovani yang juga sedang melakukan pengelasan di dock yang sama. Saat terbakar, KM Cantika Lestari 77 langsung ditarik keluar dari galangan, agar tak membakar kapal lainnya.

Kapal langsung ditarik ke laut oleh KM Sentosa yang berada di dekat kejadian, kemudian dilakukan pemadaman oleh kapal milik PT Pelindo.

“Sejauh ini kami belum bisa menghitung maupun menaksir jumlah kerugian akibat peristiwa ini,” ujar Bemmy.

Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting, SIK, MH yang didampingi Kapolsek Aertembaga Iptu Vandi ketika ditemui di tempat kejadian perkara (TKP) mengaku kalau kasus ini masih akan akan dilakukan penyelidikan.

Dia hanyalah seorang Pelaut yang juga masih aktif berlayar hingga saat ini. Hobinya yang gemar menulis dan membaca berita-berita terbaru, terupdate serta terhangat seputar Pelaut membuatnya memiliki ide untuk membuat situs ini bersama beberapa temannya.

Video

Video: Melirik Kemegahan KRI Bima Suci, Kapal Layar Kebanggaan Bangsa

Published

on

By

KRI-Bima-Suci

Indoseafarers.comKRI Bima Suci adalah kapal latih bari Taruna/kadet Akademi Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut. Kapal ini memiliki tiang tinggi dengan panjang 111,20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman draft 5,95 meter, dan tinggi maksimal tiang layar 49 meter dari permukaan dek atas.

Dibangun di galangan kapal Freire, Spanyol dan diluncurkan pada hari Senin 17 Oktober 2016 sekitar pukul 14.30 waktu setempat atau 20.30 WIB. Proses peluncuran dilakukan oleh Menteri Pertahanan RI Ryamizard ‎Ryacudu yang didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi.

Photo-Peluncuran-KRI-Bima-Suci

Photo Peluncuran KRI Bima Suci

Bima Suci merupakan kapal pengganti kapal legenda KRI Dewaruci yang sudah beroperasi sejak 1953. Bima Suci masuk ke dalam jajaran TNI angkatan laut sebagai kapal layar latih Akademi Angkatan Laut (AAL). Seperti apa kemegahan KRI Bima Suci? Berikut liputan jurnalis KompasTV Dian Silitonga dan juru kamera Riky Sultana.

Continue Reading

Breaking News

Video: Proses Evakuasi KM BBS II

Published

on

Video-Evakuasi-Kru-Kapal-KM-BBS-II

Indoseafarers.com – Tiga orang kru dari total 10 orang kru kapal KM BBS II yang tenggelam dini hari tadi pada pukul 00.20 Wib hingga kini belum ditemukan.

Menurut Human Basarnas Pekanbaru, Kukuh Widodo kepada wartawan, Minggu (27/1/2019), “Tim gabungan dari Basarnas, TNI AL, Polri masih melakukan penyisiran untuk mencari 3 orang lagi yang belum diketemukan,”.

Kapal Motor BBS II diketahui mengangkut muatan semen dengan tujuan Dumai – Tanjung Balai Karimun tenggelam setelah dihantam gelombang dengan ketinggian 3 hingga 4 meter.

Empat orang kru kapal yang berhasil dievakuasi adalah, Fujianto (Mualim I) , Hardiana Adi Jaya (Mualim II), Iwan (ABK) dan Ismail (saudara crew).

Continue Reading

Internasional

Video: Norwegian Joy, Kapal pesiar Norwegia Yang Dirancang Khusus Untuk Pasar Pelayaran Cina

Published

on

By

Norwegian-Joy

Indoseafarers.com – Norwegian Joy, Kapal pesiar Norwegia yang dirancang khusus untuk pasar pelayaran Cina, mulai berlayar meninggalkan galangan kapal pembuatnya, Meyer Werft shipyard di Papenburg, Germany ke home port nya di Shanghai.

Norwegian Cruise Line (NCL) mengatakan, kapal melakukan embarkasi selama 14 jam di Sungai Ems pada Minggu (26/03/2017).

Kapal pesiar ini memiliki panjang 333 meter dan 41 meter lebar, kapal pesiar ini merupakan kapal kedua dalam kelas line’s Breakaway-Plus dan yang pertama yang dibangun untuk Cina.

Kapal pesiar dengan Gross tonnage (GT) 168,800 berlayar meninggalkan galangan Meyer Werft pada pukul 21:00 waktu setempat dan menuju pelabuhan pertama Eemshaven di Belanda untuk mengambil cadangan makanan serta tambahan kru kapal sebelum menuju laut utara untuk melakukan serangkaian percobaan laut pada akhir bulan ini.

norwegian_joy_Image-Courtesy-Meyer-Werft

Norwegian Joy (image Courtesy Meyer Werft)

Menurut jadwal, Joy akan tiba di China 27 April mendatang pada musim panas ini.

Video Courtesy: Meyer Verft

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Offshore News

Offshore Vessel

Featured News