NewsFeatured

Kapal Perang Pemburu Ranjau Dipesan Indonesia dari Jerman

Kapal Perang pemburu ranjau pesanan Indonesia menggunakan: - Engine MAN 12V175D-MM (12V175 - 12 Cylinder) - 2.220 kW - 1.900 rpm - Propulsion: MAN Alpha CPP - Kontrol propulsi Alphatronik 30.000

Indoseafarers.com – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengkonfirmasi langsung bahwa memang benar saat ini Indonesia sedang memesan kapal Perang pemburu ranjau dari galangan kapal Abeking & Rasmussen, Jerman

Kapal Perang pemburu ranjau dengan tipe 12V175D-MM itu, dikabarkan sudah diteken kontrak dan sudah dikerjakan sejak 2021 dan hingga saat ini masih dalam tahap pengerjaan. Laksamana Yudo Margono tidak membeberkan berapa jumlah kapal yang dipesan, namun dirinya mengungkapkan bahwa pengadaan kapal itu nantinya akan memperkuat alat utama sistem persenjataan TNI AL. 

Info yang didapat bahwa Indonesia (Kemeneterian Pertahanan) memesan 2 unit kapal perang jenis tersebut dan pengadaan kapal perang itu sendiri ditandatangani pada 29 Januari 2019 dengan nilai kontrak USD 204 juta atau setara Rp 2,856 triliun.

Mengutip siaran pers MAN Energy Solutions, Sabtu (6/3), setiap dua jenis kapal pemburu ranjau pesanan Menhan Prabowo itu akan menggunakan 2 mesin buatan MAN tipe 12V175D-MM. Menurut Head of High-Speed Sales MAN Energy Solutions, mesin jenis tersebut sudah dipakai di beberapa kapal patroli dan kapal perang milik TNI AL.

Seperti yang dilansir oleh tekno.kompas, KSAL Laksamana Yudo Margono mengatakan di Markas Besar Angkatan Laut, Jakarta Timur pada Rabu, 23 Maret 2022 bahwa: “Kita memang belum mampu untuk membangun kapal ranjau itu. Seperti yang sekarang ini, pengadaan Kemhan kapal ranjau telah dikerjakan di Jerman sejak kontraknya tahun 2021 yang lalu,”

Kapal-Perang
Warship (gbr ilustrasi)

Ini Spesifikasi Kapal Perang pesanan Indonesia

  • Tipe kapal 12V175D-MM
  • Panjang kapal 62 Meter
  • Memiliki persenjataan utama kanon Bofors 40 mm/L70 dual purpose gun, Pinguin B3 mine hunting ROV, dan Seafox I and Seafox C anti-mine maritime drones.
  • Engine MAN 12V175D-MM (12V175 – 12 Cylinder), 2.220 kW, 1.900 rpm
  • Propulsion: MAN Alpha CPP, kontrol propulsi Alphatronik 30.000

Untuk diketahui bahwa rata-rata2 mesin yang digunakan jenis warship adalah High speed engine guna mendukung keperluan operasinya dan fungsinya sebagai warship.

Masih tetap aktif berlayar hingga saat ini, kesibukannya di kapal tidak menjadi penghalang baginya untuk meluangkan waktu sebagai salah satu Admin di Indoseafarers.com. Belajar bersama, berbagi informasi seputar dunia maritim dan pelayaran dunia dan…

Reaksi Anda?

Baca Juga

1 of 12

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.