Video: Floating Production Storage and Offloading (FPSO) Ichthys Venturer Berlayar ke Australia

Indoseafarers.comFloating Production Storage and Offloading (FPSO) Ichthys Venturer yang dioperasikan oleh Inpex, berlayar dengan aman dan lancar kemarin malam di perairan dekat lokasi konstruksi Okpo, Korea Selatan dalam perjalanannya menuju ke Australia. Pelayaran ini menuju lokasi pekerjaannya setelah selesai commissioning serta persiapan-persiapan lain.

Ichthys Venturer, Floating Production Storage and Offloading dengan panjang 336 meter memulai pelayarannya dari Korea, menempuh sekitar 5.600 kilometer menuju tujuan utamanya Browse Basin (Cekungan basin) yang terletak sekitar 220 kilometer di lepas pantai utara Australia Barat.

Louis Bon, direktur pengelola proyek Ichthys mengatakan “Pelayaran jauh yang dilakukan Ichthys menandai langkah penting lain untuk Proyek LNG Ichthys,”

“Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada tim-tim di seluruh dunia yang menyelesaikan sekitar 50 juta jam kerja untuk membangun dan memberikan komisi kepada FPSO yang canggih ini,” Bon menambahkan.

“The Ichthys Venturer dirancang untuk menahan kondisi siklon dan merupakan salah satu fasilitas lepas pantai terbesar serta paling maju dari jenisnya di dunia saat ini.”

“Ichthys Venturer memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 1,12 juta barel kondensat dan akan memiliki masa operasi yang terus menerus selama 40 tahun, yang menetapkan tolok ukur baru untuk daya tahan FPSO saat ini,” lanjut Bon.

Fasilitas ini akan ditambatkan secara permanen di perairan sedalam 250 meter, di mana ia akan menjalani hook-up dan commissioning, bersama dengan fasilitas pengolahan sentral Ichthys Explorer, Central Processing Facility (CPF) yang terletak 3,5 kilometer. Pemasangan infrastruktur dan peralatan bawah laut untuk persiapan CPF dan FPSO juga direncakan akan selesai di awal tahun ini.

Saat beroperasi nanti, Floating Production Storage and Offloading (FPSO) Ichthys Venturer akan memproses dan menyimpan kondensat yang dikirim dari Proyek LNG CPF Ichthys sebelum membongkar kondensat ini secara berkala untuk selanjutnya akan di ekspor ke kapal pengangkut.


*FPSO ( Floating Production Storage and Offloading ) FPSO merupakan bangunan pengeboran dan penyimpanan minyak lepas pantai yang bersifat portable. Dalam artian dapat berpindah – pindah. Adapun hasil pemisahan dari produk pengeboran adalah crude oil, air dan gas.


One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *