LovedMantap
FeaturedVideo

Dual Fuel Engine: Sejarah, Cara kerja dan Video

Lean burn process and Engine on diesel mode

Indoseafarers.com – Dual Fuel Engine adalah mesin yang menggunakan dua jenis bahan bakar berbeda atau ganda. Beroperasi dengan bahan bakar primer (utama) dan bahan bakar sekunder (pilot). Bahan bakar utama biasanya bahan bakar gas seperti hidrogen, Synthetic Natural Gas (Syngas)atau gas alam, yang disuntikkan ke intake manifold.

Bahan bakar sekunder atau pilot disuntikkan ke dalam ruang bakar menggunakan alat injeksi seperti SOGAV (Solenoid Operated Gas Admission. Valve). Suhu penyalaan sendiri di atas 500°C.

Di sektor power plant yakni pembangkit listrik seperti Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menggunakan mesin jenis ini. Selain sebagai sarana untuk mengatasi fluktuasi biaya bahan bakar, juga sebagai cara untuk mengurangi beban dan pencemaran udara serta lingkungan.

Penggunaan bahan bakar gas kini juga menarik perhatian pada sektor kelautan, maker pembuat engine pun kini mulai atau bahkan telah beralih membangun engine DF atau mesin yang menggunakan bahan bakar gas untuk penggunaan di sektor maritim. Selain tujuan mengatasi jumlah pemakaian bahan bakar yang besar, peralihan penggunaan jenis mesin ini juga bermaksud untuk memenuhi peraturan IMO NOx Tier3 serta Area Kontrol Emisi SOx.

Amandemen yang mengatur batas emisi gas buang dari mesin kapal menetapkan standar Tier III NOx untuk diterapkan pada mesin diesel laut yang dipasang di kapal yang dibangun pada atau setelah 1 Januari 2016 dan yang beroperasi di Area Kontrol Emisi Amerika Utara atau Area Kontrol Emisi Laut Karibia AS yang ditujukan untuk pengendalian emisi NOx.

Proses running sederhana engine DF yaitu pada saat awal start masih menggunakan bahan bakar solar terlebih dahulu dan kemudian akan berganti atau beralih ke gas mode di beban tertentu.

Dalam mode bahan bakar ganda, gas dimasukkan ke dalam sistem melalui udara dengan cara disemprotkan sehingga udara masuk kedalam cylinder telah bercampur dengan gas. Langkah masuknya gas bersama dengan udara pada langkah isap dengan kondisi intake valve terbuka. Sehingga pada saat piston mendekati TMA (titik mati atas), kemudian bahan bakar solar diinjeksikan ke dalam ruang pembakaran dengan tekanan tinggi (misal pada engine Wartsila 50DF pressure fuel bisa hingga 950 bar) sehingga akan terjadi proses pembakaran.

Engine DF juga dilengkapi dengan dengan backup mode, yaitu jika terjadi masalah pada saat engine berada di posisi gas maka engine akan beralih dari gas mode ke backup mode. Backup mode adalah proses diesel normal yang dioperasikan dengan camshaft, injection pump maupun injection valve (injector)

Proses Gas Diesel (Proses Lean Burn)

Proses DF memiliki tiga kemungkinan mode operasi: yakni menggunakan gas, bahan bakar cair/solar dan bahan bakar ganda. Dalam mode gas, gas diinjeksikan pada tekanan tinggi setelah pilot fuel dan dinyalakan oleh percikan dari injeksi pilot fuel .

Gas diesel process (Engine on diesel mode)

Engine DF dapat langsung dialihkan ke mode proses diesel biasa (konvensional) dimana dapat menggunakan bahan bakar light fuel, heavy fuel oil ataupun Crude oil.

Alasan dan Sejarah Penggunaan DF Engine

Masalah yang dihadapi dunia kita saat ini adalah polutan udara dari emisi mesin-mesin kapal dan mesin-mesin lainnya. Penggunaan gas alam saat ini telah menarik perhatian maker engine. Liquefied natural gas (LNG) merupakan bahan bakar ramah lingkungan. Oleh karena itu, banyak maker engine telah mengembangkan mesin bahan bakar ganda yang secara fleksibel dapat menggunakan bahan bakar LNG dan diesel untuk mewujudkan ramah lingkungan serta memanfaatkan ketersediaan bahan bakar yang lebih luas. Selain itu juga untuk mengikuti peraturan Organisasi Kelautan Internasional (IMO) Tier 3 NOx (IMO3) dan SOx untuk semua wilayah laut berdasarkan model andal yang dapat mengejar peningkatan dalam nilai siklus hidup (LCV).

Untuk engine DF pertama Wartsila misalnya telah dikembangkan sejak tahun 2002 yaitu tipe Wärtsilä 6L50DF untuk kapal tanker LNG GAZ DE FRANCE ENERGY yang dimiliki oleh GAZ DE FRANCE PARIS – FRANCE

 LNG GAZ DE FRANCE ENERGY 
Aktif berlayar hingga kini sebagai CE di salah satu perusahaan offshore. Berbagi pengetahuan dan informasi merupakan suatu kebanggan tersendiri baginya. Bukan berarti karena merasa dirinya pintar, namun Ia mengajak marilah sama2 kita belajar dan berbagi.

Reaksi Anda?

Baca Juga

1 of 10

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.