Berita Offshore & Pelaut Indonesia.

Chevron Indonesia lepas 25% Saham di Blok Laut Natuna Selatan B (SNSB)

0 30

Indoseafarers.comChevron Indonesia telah memutuskan untuk melepas 25% saham (hak partisipasi) di Blok Laut Natuna Selatan B (SNSB). Dengan demikian saat ini, PT Medco Energi Internasional Tbk adalah satu-satunya sebagai operator pengembang blok tersebut.

Namun Chevron Indonesia belum mengungkapkan siapa yang akan membeli saham tersebut, Chevron hanya memberi penjelasan tentang perusahaan akan menawarkan pekerjaan mereka di blok tersebut bari pihak ketiga yang tertarik.

Sebagai informasi, Blok Laut Natuna Selatan B (SNSB) pada semester pertama tahun ini mampu memproduksi 60.000 barel per hari (boepd) dan saat ini Medco Energi Internasional sedang mengebor sumur ketiga dan keempat.

Tahun lalu, Medco Energi menjadi operator blok tersebut setelah mengakuisisi 40% saham ConocoPhillips Indonesia Inc. Ltd. (CIIL) dan ConocoPhillips Singapore Operations Pte. Ltd. (CSOP), kedua anak perusahaan dari ConocoPhillips (COP).

CIIL sebelumnya adalah pemegang saham blok SNSB dengan sebesar 40% working interest dan juga sebagai penyelenggara Sistem Transportasi Natuna Barat (WNTS).

Sedangkan CSOP sebelumnya mengoperasikan Onshore Receiving Facility (ORF) yang berada di Singapura. Selain itu CSOP juga mengelola infrastruktur WNTS bersama dengan Malaysia pipeline, yang mana akan terus menjadi titik fokus untuk komersialisasi penemuan yang ada dan kegiatan eksplorasi yang sedang berlangsung di wilayah Natuna.

Pada bulan Maret tahun ini, Medco kemudian selanjutnya mengakuisisi 35% saham SNSB dari Inpex Corporation sehingga membuat Medco menguasai 25% saham di blok SNSB.

Baca Juga

Akuisisi blok SNSB telah memungkinkan Medco untuk mendapatkan akses ke operasi minyak dan gas lepas pantai kelas dunia yang terintegrasi serta memperkuat posisinya sebagai perusahaan energi dan sumber daya alam independen utama di Indonesia.

Sekilas tentang perusahaan-perusahaan diatas, Chevron Indonesia (dahulu bernama Unocal Indonesia) adalah sebuah perusahaan minyak dan gas di Indonesia. Pergantian nama perusahaan berlaku setelah disetujuinya dilakukan merger dengan Chevron pada rapat pemegang saham Unocal Corporation tanggal 10 Agustus 2005. Chevron Indonesia Company, atau CICo, adalah satu dari beberapa perusahaan dari Chevron IndoAsia Business Unit.

Sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) BPMIGAS, Chevron Indonesia memproduksi migas sebagian besar dari lepas pantai Kutai yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Chevron IndoAsia Business Unit mencakup bisnis Minyak dan Gas yang terdiri dari CICo, Chevron Pacific Indonesia, Chevron Makassar Ltd, dan bisnis Panas Bumi yang terdiri dari Chevron Geothermal Indonesia, Chevron Geothermal Salak, Mandau Cipta Tenaga Nusantara, dan Chevron Geothermal Phillipines.


PT Medco Energi Internasional Tbk, kadang dikenal sebagai MedcoEnergi (IDX: MEDC), adalah perusahaan publik di Indonesia yang bergerak dalam bidang energi terintegrasi. Perusahaan ini bermula dari sebuah perusahaan kontraktor pertikelir di bidang jasa pengeboran minyak dan gas bumi di daratan (onshore drilling), Meta Epsi Pribumi Drilling Co, yang didirikan Arifin Panigoro pada tanggal 9 Juni 1980.

Bidang Usaha MedcoEnergi termasuk dalam bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi, industri hilir: produksi LPG, distribusi bahan bakar disel dan pembangkit tenaga listrik. Saat ini MedcoEnergi beroperasi di 10 wilayah kerja minyak dan gas di Indonesia dan operasi internasional di Oman, Yaman, Libya dan Amerika Serikat.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Facebook Comments
Loading...